Galeri

Diklat AKD Tahun 2012

wawako

Wakil Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menyematkan kartu tanda peserta Diklat AKD di Aula Bandiklat Kota Lubuklinggau, Senin (3/12). Ft. dok humas dan protokol setda llg.

40 Peserta Ikuti Diklat AKD
LUBUKLINGGAU-Sebanyak 40 orang peserta mengikuti kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) Pemerintahan di lingkungan Pemkot Lubuklinggau tahun 2012.
Walikota Lubuklinggau, H Riduan Effendi melalui Wakil Walikota, H SN Prana Putra Sohe saat membuka kegiatan tersebut mengatakan Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) adalah suatu studi yang sistematis dan sistemik dalam usaha pengambilan keputusan mengenai dilakukannya suatu Diklat atau non-diklat di masa yang akan datang, dengan memanfaatkan data dan pemikiran dari berbagai sumber, sehingga keputusan yang diambil lebih produktif.
AKD ini lanjut Wawako merupakan serangkaian kegiatan untuk menemukan masalah-masalah yang timbul dalam lembaga atau organisasi dan cara mengatasinya.
AKD juga sambung dia, pada prinsipnya adalah pembahasan mengenai kondisi hasil pekerjaan saat ini dengan hasil pekerjaan yang diinginkan.

“Apabila terdapat kesenjangan antara keduanya, maka perlu adanya strategi manajemen atau pelatihan,” ujarnya.
Kesenjangan tersebut dapat berupa hasil kerja (job performance), pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), atau sikap/tingkah laku (behaviour/attitude). Guna mendukung hal diatas, dibutuhkan suatu metode untuk mengetahui sejauh mana kebutuhan daerah terhadap Diklat dalam meningkatkan kompetensi aparaturnya.
Menurut Wawako, penyelenggaraan Diklat AKD dirasakan sangat membantu dalam menganalisis kebutuhan-kebutuhan Diklat untuk meningkatkan kompetensi aparatur dengan produk yang dihasilkan bisa berupa kurikulum, model, metode, sistem manajemen, sistem pendidikan dan pelatihan, bahan/media Diklat dan lain-lain.
Beberapa manfaat dari AKD ini antara lain tersusunnya program Diklat sesuai kebutuhan, terwujudnya program Diklat yang lebih tepat sasarannya, serta terlaksananya Diklat yang lebih memotivasi peserta untuk mengikutinya sesuai dengan kebutuhan.
Untuk itu, Wawako berharap kepada seluruh peserta Diklat agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para widyaiswara dan narasumber, serta segenap panitia pelaksana sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar sebagaimana diharapkan.
Diklat ini berlangsung selama satu minggu, terhitung 3-8 Desember 2012.(*)

By bandiklat Posted in Umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s